Menu Close

Posisi Dalam Proses Persalinan

Persalinan

Nah, pada awal pembukaan muncung rahim, sumbat lendir ini terbuka dan lendir nun berwarna merah muda menongol melalui vagina. Tapi bukan perlu cemas kalau Permulaan tidak mengalaminya, karena telau muncul secara alami di dalam beberapa tahap persalinan. Pra melahirkan, ibu hamil barangkali melihat beberapa lendir pada celana dalamnya. Itu merupakan sumbat lendir yang ditahan di leher rahim guna melindungi bayi dari luka. Kondisi itu bisa tercipta pada dua minggu pra persalinan dimulai.

Persalinan

Bersamaan dengan itu otot-otot rahim pun mulai melakukan gerakan mengerut dan meregang secara bergantian, terus-menerus secara teratur. Demi Ibu tahu, sejak terjadinya kehamilan, secara alami muncung rahim tertutup oleh setara sumbat berupa lendir lekat. Sumbat lendir ini turut serta menjaga agar kehamilan mampu terus berjalan sekaligus menangani janin dari kuman.

Walau tidak nyaman, kontraksi adalah panduan untuk mengetahui kapan bayi Ibu akan lahir. apgar score Normalnya, pada minggu ke kehamilan, kepala janin sudah mulai turun ke rongga panggul.

Bersamaan dengan mereguk mulas yang kuat, dengan alami tubuh Ibu hendak tahu kapan harus mengejan untuk mendorong bayi keluar. Ketika kepala bayi mulai keluar dari vagina, dokter akan meminta Ibu untuk mengatur nafas dan berhenti mengejan untuk mengurangi sobekan pada jalan lahir. Pada tahap ini Ibu akan merasa lega dan semua rasa sakit seolah hilang. Apalagi setelah melihat wajah si Kecil, rasa bahagia dan haru pasti menyerbu. Menjelang persalinan, kontraksi makin kuat dan frekuensinya makin sering.

Setiap permulaan hamil akan mengalami tempat akan melahirkan yang berbeda-beda. Meski begitu, ada tengara umum seorang ibu bakal melahirkan, misalnya sakit tapak tangan, kontraksi, hingga diare serta muntah.

Biasanya kondisi ini secara alami merangsang Ibu mengejan untuk mendorong bayi keluar. Latihan pernafasan yang Ibu dapatkan di kelas prenatal akan sangat membantu.